3 Cara Memilih Tema Blog yang Bagus ; SEO vs Tampilan

Tema blog adalah salah satu hal yang sifatnya krusial, penting banget dari sisi tampilan dan juga SEO. Saat ini sudah banyak banget pilihan tema blog yang bisa dipilih dari mulai yang gratisan sampai yang premium, tapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah tema blog tersebut bagus atau tidak untuk blog yang kita punya? Nah mari kita bahas bagaimana cara memilih tema blog yang bagus dari sisi SEO dan juga tampilan.

Cara Memilih Tema Blog yang Bagus ; SEO vs Tampilan
Cara Memilih Tema Blog yang Bagus ; SEO vs Tampilan

Biasanya untuk pemula atau orang yang baru mengenal blog maunya tema itu yang wah, keren, banyak ini itunya, intinya ketika dia show off atau pamer sama orang dia bisa dengan bangga menyebutkan nama domain blognya. Tapi tahukah anda bahwa justru orang yang sudah lama mendalami dunia blog justru memilih tema yang simple, ga banyak ini itu, dan terlihat sederhana? Nah kenapa mereka memilih tema simple seperti itu? Kita akan bahas selengkapnya.

Cara Memilih Tema Blog yang Bagus ; SEO vs Tampilan

Ketika kita memilih tema blog ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya kecepatan loading blog, responsif, tema yang sesuai dengan niche blognya dan lain-lain.

Tema Blog yang Bagus (Versi Saya)

Ketika saya memilih tema yang bagus untuk blog saya biasanya ada beberapa ceklis yang saya buat yaitu :

  • Review

Sebelum saya memutuskan untuk menggunakan sebuah tema, biasanya saya cari dulu review dari orang-orang yang sudah menggunakan tema tersebut, jika reviewnya positif setidaknya 4.5/5 lah berarti pertanda bagus dan akan saya gunakan. Atau jika temanya premium dan baru rilis pasti reviewnya kan masih sedikit atau bahkan tidak ada, nah kita bisa lihat dari track record si developernya, bagaimana respon pembeli terhadap tema-tema yang dia buat jika bagus berarti si developer ini bisa dikatakan bagus dan kemungkinan tema yang akan dia rilis juga bagus.

  • Update

Kemudian lihat juga update-update yang sudah dilakukan apakah tema tersebut masih disupport sama si developernya atau tidak, jika sekiranya update terakhir sudah setahun yang lalu ini bukan pertanda bagus bisa saja tema tersebut memang tidak ada masalah atau si developer sudah tidak memperhatikan tema yang dia buat. Internet itu berubah setiap harinya, masalah selalu ada karena perubahan tersebut, atau bisa juga si dev tema ada yang terlewat atau salah ketika menulis code tema nya dan lain-lain. Makanya point Update menjadi salah satu ceklis yang biasa saya lakukan.

  • Sesuai Selera

Ya pasti ketika memilih tema harus sesuai dengan selera yang punya blog, jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan tema tersebut saya lihat dulu bagaimana tampilan tema tersebut, karena biasanya si developer sudah menyediakan gambar temanya setelah diaplikasikan ke blog, bagaimana juga tampilan buat pengunjung dari mobile/smartphone dan tablet. Jika sesuai selera ya saya pake.

  • Struktur Tema

Tema itu ada yang diperuntukkan untuk situs berita, personal blog, affiliate, single page dan lainnya. Ini berhubungan dengan blog yang akan kita buat, jika misalnya kita ingin membuat niche blog bagusnya pakai tema yang untuk personal blog, tapi jika kita akan buat blog berita atau multi niche kita bisa pake tema yang diperuntukkan untuk situs berita. Bukan berarti tema berita tidak bisa untuk niche blog tapi kembali ke aturan diatas, sesuai selera saja sih. Jika seleranya seperti itu ya silahkan dipake.

  • Kecepatan

Untuk mengecek kecepatan sebuah tema biasanya saya tulis dulu sekitar 5 sampai 10 artikel di blognya, baru kemudian cek kecepatan blog di gtmetrix.com. Jika setelah di optimasi dengan plugin cache (untuk pengguna wp) skornya bagus ya saya akan terus pake temanya, tapi jika kurang bagus dilihat dulu apa yang menyebabkan tidak bagus, bisa saja tidak bagus itu karena hostingnya atau karna pengaruh lain yang tidak berhubungan dengan tema, tapi jika karena berhubungan dengan tema walaupun sesuai selera saya harus tetap mengganti tema tersebut, kecuali jika masalahnya bisa dibenerin sama si dev tema nya.

Tema Gratis vs Berbayar

Apakah tema gratis rank di mesin pencarinya akan jelek? belum tentu, ingat tema itu hanya salah satu faktor penunjang ranking, sekarang sedang booming istilah “Content is King”, artinya konten atau artikel yang anda buat itu adalah rajanya, jika kontennya jelek sebagus apapun temanya ya tetap saja jelek, tapi jika kontennya bagus walaupun pake tema gratisan biasanya tetap saja bagus. Intinya yang membedakan antara yang gratisan dan berbayar itu dari segi fitur, update dan biasanya ada 1 link ke situs si pembuat tema jika menggunakan tema gratisan, selebihnya sama saja sih. Bahkan jika anda lihat blog ini menggunakan tema gratisan bernama Neve sebagai andalannya :D.

Keep it Simple

Bagi orang yang sudah lama mendalamai dunia blog dan dia fokus di niche blog dengan fokus monetisasinya di iklan seperti google adsense atau affiliate biasanya lebih memilih tema yang simpel dan tidak terlalu banyak fitur di blognya, kenapa? Salah satu tujuannya adalah ketika tema blognya simpel maka pengunjung bisa dengan mudah atau navigasi di blognya jelas. Kelebihan yang paling mencolok adalah iklan akan lebih jelas terlihat, ketika menggunakan tema yang simple dan minim fitur maka iklan akan terlihat dan berpotensi pengunjung mengklik iklan tersebut. Klik iklan atau CTR biasanya lebih tinggi ketika menggunakan tema yang simpel.

Kekurangan menggunakan tema yang simpel biasanya terletak di seberapa banyak pengunjung membuka artikel yang ada di blog kita (Page per view), misal pengunjung datang dari mesin pencari menuju artikel A, kemudian pengunjung pergi, nah ini kurang bagus, kecuali kalau pengunjung klik iklan dulu baru meninggalkan halaman setidaknya ada pemasukan.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Cara Memilih Tema Blog yang Bagus walaupun hampir semuanya menurut pandangan saya sendiri sih. Tapi sebagai gambaran ya seperti itulah, memilih tema itu bukan hanya untuk dilihat oleh mata pengunjung tapi juga harus cepat diakses oleh pengunjungnya karena biasanya orang akan menutup blog anda jika loading temanya lebih dari 5 detik. Jadi saran saya usahakan untuk menggunakan tema yang cepat walaupun tema yang digunakan adalah tema yang gratisan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *