4 Cara Memilih Niche/Topik Blog Untuk Pemula

Jika anda membuat blog untuk mendapatkan uang dari blog tersebut maka niche atau topik blog yang anda pilih haruslah yang profitable. Semua hal bisa dijadikan topik blog, entah itu gaming, makanan, pendidikan, komedi, film dan semuanya bisa dijadikan topik blog, atau bisa juga buat blog general/umum yang membahas beberapa topik sekaligus dalam sebuah blog. Tapi kita bahas cara memilih niche kita juga harus rencanakan tujuan dari blog tersebut, misal jika anda ingin mendapatkan uang dari content placement sebaiknya blog general, jika anda ingin mendapatkan uang dari iklan seperti google adsense lebih baik niche yang spesifik dan bayarannya cukup tinggi misalnya niche teknologi.

Cara Memilih Niche Blog Untuk Pemula
Cara Memilih Niche/Topik Blog Untuk Pemula

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara memilih niche blog untuk pemula yang masih bingung dengan topik blog apa yang harus dipilih.

Cara Memilih Niche Blog

  • Sesuai Passion

Ketika ada yang nanya niche blog yang harus digarap biasanya orang akan bilang “sesuai passion kamu aja”, sebenarnya ini ada benar dan salahnya. Memilih niche blog sesuai passion memang ada benarnya karena nanti kita gak akan jenuh ketika membuat konten blognya, misal kita jago masak terus buat blog tentang resep masakan dan tips memasak, karena kita tau dan ahli di bidang itu jadi ketika membuat konten kita tau apa yang kita tulis. Ini menjadi poin plus untuk blog anda.

Nah sesuai passion juga ada salahnya, yaitu misalkan kita passionnya ada di gaming, kemudian kita membuat blog tentang game, setau saya niche game itu salah satu niche yang banyak saingannya. Bukan berarti blognya nanti akan gagal, tapi untuk dapet rank dan visitor akan butuh waktu yang lebih lama, misal niche blog yang tidak terlalu rame butuh waktu 4-5 bulan untuk dapat seribu pengunjung perhari, nah bisa saja blog niche game yang anda buat butuh waktu lebih untuk mendapatkan seribu pengunjung perhari. Kemudian misalnya anda buat niche blog tentang blog general tapi tujuannya untuk mendapatkan uang dari iklan seperti google adsense, bisa dikatakan ini kurang bagus karena menurut beberapa orang blog general pendapatan per kliknya lebih kecil daripada niche blog.

  • Marketplace

Kedua untuk mencari niche blog yang potensial lihat marketplace seperti tokopedia atau shopee. Mereka punya kategori masing-masing yang bisa menjadi sumber ide untuk blog yang akan anda buat. Tidak hanya itu jika anda berencana untuk jualan produk kedepannya atau dropshipping maka mencari niche blog di kategori marketplace juga bagus.

Cara memilih niche blog untuk pemula

Kelebihan mencari ide di marketplace yaitu banyak kategorinya dan juga lengkap dengan micro niche (Contoh micro niche yaitu : elektronik->Audio->Sound system, nah sound system adalah micro niche). Kelebihan lainnya kita bisa lihat produk-produk yang dijual di kategori tersebut dan nanti bisa dijadikan bahan atau ide konten blognya.

  • Website Market

Cara memilih niche yang ketiga adalah dengan melihat website market, sayangnya saat ini saya hanya tahu website market hanya ada di forum IM ads.id dan belum ada situs khusus untuk jual-beli website, kalau untuk target bule bisa lihat di flippa. Menggunakan website market lebih bagus karena biasanya penjual mencantumkan statistik seperti link situsnya, pengunjung harian, pendapatan bulanan dan sebagainya, dengan melihat statistik tersebut kita bisa lihat apakah niche blog tersebut profitable atau tidak.

  • Pinterest

Mencari ide untuk niche blog juga bisa dilihat di pinterest, lihat kategori apa saja yang ada di pinterest kemudian lihat juga bagaimana reaksi dari pengunjung pinterest tentang gambar-gambar yang ada di kategori tersebut. Jika banyak gambar yang populer di kategori tersebut dan engagementnya bagus bisa juga kita jadikan sebagai niche blog.

Selain itu mencari niche juga bisa dengan melihat keadaan sekitar dari sisi marketing, misalnya lihat orang yang sedang mencari kerja jika dilihat dari sisi marketing kita tahu bahwa situs lowongan kerja masih profitable untuk digarap, lihat orang yang sedang makan-makan kita bisa juga menyediakan situs review dan alamat tempat makan yang enak dan sebagainya.

Memilih niche blog yang menghasilkan harus di pikirkan juga metode monetize/monetisasinya atau cara menghasilkan uang dari blog yang nanti dibuat, misalkan kita mau buat blog dengan niche muslimah, nah pikirkan kedepannya nanti akan di monetisasinya seperti apa, kalau niche muslimah bisa dengan dropship atau jualan kerudung, gamis, make up, atau bisa juga content placement yang berhubungan dengan wanita, atau bisa juga dipasang iklan seperti google adsense. Dengan memikirkan metode monetisasi ketika memilih niche blog kita sudah ada gambaran tentang potensi blog tersebut kedepannya. Jadi ketika memilih niche blog pastikan untuk memikirkan cara monetisasinya juga dan ini juga merupakan faktor penting dalam membangun sebuah blog.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *