Cara Membuat Blog Tingkat Dasar 3

Pada materi pertama dan kedua kita sudah membahas istilah dan pengetahuan umum tentang blog, di materi kedua juga sudah dibahas cara membuat blog gratisan di blogger.com dan wordpress.com, nah materi ketiga kali ini kita akan membahas cara setting blognya serta cara membuat artikel di blog yang sudah kita buat.


Artikel ini merupakan artikel ketiga dari seri Cara Membuat Blog Tingkat Dasar

  1. Cara Membuat Blog Tingkat Dasar 1
  2. Cara Membuat Blog Tingkat Dasar 2
  3. Cara Membuat blog Tingkat Dasar 3

Cara Membuat Blog
Cara Membuat Blog Tingkat Dasar 3

Cara Setting Blog di Blogger.com

Pembahasan pertama kita akan bahas cara setting dan buat artikel di blogger.com. Saat ini blogger sudah punya tampilan dasbor baru jadi kita akan langsung gunakan yang baru saja. Saat Anda login lihat dibagian samping ada tombol Coba Blogger Baru, klik kemudian anda akan dibawa ke tampilan baru blogger.

Sekarang anda sudah menggunakan dasbor blogger.com yang terbaru dan saatnya pengenalan fitur-fitur yang ada di dasbor blogger. Lihat gambar diatas atau lihat dasbor blogger Anda.

  • Postingan : Disini untuk memanage artikel atau postingan, diantaranya membuat artikel baru, mengedit artikel yang sudah di terbitkan dan melihat artikel yang sudah di terbitkan atau masih status draft (belum terbit).
  • Statistik : Disini anda bisa lihat statistik blog anda, meliputi berapa pengunjung perhari, postingan mana yang populer dan lainnya.
  • Komentar : Untuk melihat komentar yang masuk, disini juga anda bisa mengatur apakah komentarnya akan diterbitkan atau tidak.
  • Halaman : Tempat anda untuk menerbitkan halaman seperti kontak, tentang, privacy policy dan lainnya.
  • Tata Letak : Untuk mengatur elemen apa yang akan ditampilkan dalam blog anda biasa disebut juga dengan widget, misal anda ingin menambahkan nomor kontak atau menambahkan iklan di samping blog anda nah disini pengaturannya.
  • Tema : Seperti namanya, untuk mengganti tema blog anda, entah dari stok tema yang sudah disediakan atau jika ingin mengupload tema blog blogger juga bisa.
  • Setelan : Semua pengaturan yang berkaitan dengan blog anda ada disini.

Nah itulah fitur-fitur yang ada di dasbor blogger, intinya sih di ubek-ubek aja semua fitur yang ada terus dicobain nanti juga akan terbiasa. jangan takut salah atau error, karena lebih baik mencoba kemudian salah daripada tidak mencoba sama sekali.

Cara Membuat Artikel di Blogger.Com

Setelah mengetahui fungsi-fungsi yang ada di dasbor blogger.com, sekarang kita akan bahas tentang cara membuat artikel di Blogger.com.

Buka Postingan kemudian klik entri baru.

Sebenarnya mudah dan sangat jelas ya walaupun tanpa di jelaskan, tapi akan saya jelaskan fitur yang paling sering digunakan, mulai dari yang paling atas dulu.

  • Entri | Judul postingan : Judul postingan atau judul artikel tulis disini
  • Publikasikan : Untuk menerbitkan artikel, jika sudah di klik publikasikan maka artikel sudah terbit dan bisa dibaca oleh pengunjung
  • Simpan : Untuk menyimpan artikel yang belum selesai, misal anda lagi buat artikel kemudian ada kepentingan yang harus dikerjakan, nah klik tombol simpan biar nanti artikelnya bisa lanjut dikerjakan lagi.
  • Pratinjau : Untuk melihat bagaimana tampilan artikel sebelum diterbitkan, saya selalu melihat artikel yang saya buat sebelum diterbitkan, karena barang kali ada typo atau sesuatu yang salah jadi dilihat dulu sebelum diterbitkan.
  • Tutup : Untuk menutup editor pembuatan artikel, pastikan artikel sudah disimpan sebelum ditutup jika artikel anda belum selesai.

Nah sekarang kita akan bahas yang ada di bawahnya, sengaja saya kasih tanda kotak-kotak itu karena fitur ini yang paling sering digunakan dan yang lainnya jarang digunakan.

Kotak pertama |Normal| B, I, U

  • Normal : Ketika diklik akan ada keluar pilihan lain diantaranya heading, subheading, minor heading dan normal. Jadi jika anda ingin membuat subjudul di dalam artikel, cukup block kata yang ingin dijadikan subjudulnya dan kemudian klik subheading, begitupun dengan pilihan yang lainnya. Nah sekedar mengingatkan bahwa jangan gunakan Heading / judul didalam artikel karena menurut kaidah yang berlaku heading itu hanya ada 1 di halaman dan itu sudah ada di judul artikelnya, jadi didalam artikel cukup buat subjudul, sub-subjudul dan seterusnya
  • B,I,U : pasti sudah pada tahu ini untuk Bold, Italic dan Underscore atau huruf tebal, miring dan garis bawah.

Kotak kedua Ikon Gambar dan Video, yaitu untuk menambahkan gambar dan video kedalam artikel.

Klik ikon gambar kemudian akan ada tampilan seperti ini

Klik pilih file, kemudian pilih gambarnya dari komputer, atau bisa juga di drag and drop, setelah proses upload gambarnya selesai klik gambarnya kemudian klik add selected.

Untuk menambahkan video juga tidak jauh berbeda, klik ikon video, kemudian nanti akan muncul jendela baru, Kamu bisa mengupload video dari laptop/pc atau juga bisa menambahkan video dari youtube. Setelah videonya di pilih jangan lupa klik tombol pilih dibawah.

Nah itulah cara menambahkan gambar dan video kedalam artikel blogger.com, kemudian kotak selanjutnya pasti sudah tidak asing yaitu untuk pengaturan rata tengah, kanan dan kiri, juga untuk numbered dan list. Jadi simbol-simbolnya ga terlalu berbeda dengan microsfot word yang biasa kita gunakan.

Nah lanjut kita ke bagian kiri editor ada beberapa pengaturan juga, yaitu :

  • Label : kalau di blogger label biasa digunakan untuk kategori, misal anda menulis tentang review smartphone, nah bisa dikasih label Teknologi, review atau Smartphone atau terserah anda ingin dtulis kategori apa.
  • Jadwal : Anda bisa menjadwalkan artikel untuk diterbitkan, misal anda buat artikel dan ingin artikelnya nanti terbit sendiri pada tanggal sekian. Nah disini pengaturannya.
  • Tautan Permanen : Biasa disebut juga dengan permalink,permalink itu yang ekor dari domain, walaupun tanpa di atur nanti dia akan otomatis mengambil dari judul, misal anda buat artikel dengan judul Sepatu Murah Bandung, nanti dia akan otomatis menjadi namadomainkamu.blogspot.com/2020/02/sepatu-murah-bandung.html nah yang saya gari bawahi itu adalah permalink atau tautan permanen.
  • Lokasi : Untuk menambahkan lokasi kedalam artikel anda.
  • Pilihan : Ada beberapa opsi yaitu seperti menonaktifkan komentar untuk artikel tersebut dan lainnya

Intinya sih dari kelima fitur diatas hanya fitur label yang sering digunakan karena mengkategorikan artikel itu penting, kemudian yang kedua adalah fitur tautan permanen atau permalink, jika judulnya kepanjangan maka permalinknya hanya akan menampilkan beberapa kata, jadi biasanya diatur kata apa yang ingin ditunjukkan di permalink.

Nah sekarang semua fiturnya sudah dibahas jadi tinggal dicoba-coba saja buat artikel percobaan, kemudian bereksperimen agar terbiasa dengan editornya.

Oia untuk membuat halaman juga cukup klik halaman, kemudian klik lagi halaman baru dan akan keluar editor yang sama dengan editor pembuatan artikel, jadi tidak akan saya bahas lebih lanjut. Perbedaan halaman dengan artikel sebenarnya tidak jauh berbeda, bahkan ada juga orang yang fokus buat artikelnya di halaman karena katanya lebih SEO tapi umumnya halaman itu diperuntukkan untuk halaman kontak, menulis halaman about/tentang, halaman privacy policy dan lainnya.

Cara Merubah Tema Blog di Blogger.com

Biasakan sebelum mensetting tata letak setting dulu tema nya, karena beda layout tema beda juga tata letaknya. Nah materi kali ini kita akan bahas cara merubah tema di Blogger.com. Kamu bisa upload tema ke blogger.com atau bisa juga menggunakan tema yang sudah disediakan.

Pertama kita akan bahas cara mengganti tema dengan menggunakan tema yang sudah disediakan oleh blogger.

Klik Tema di bagian samping dasbor blogger, kemudian anda akan disuguhkan belasan tema yang menurut saya sih tampilannya sudah cukup bagus ya, bahkan beberapa blog saya yang menggunakan blogger menggunakan tema basic ini.

Klik tema yang diinginkan, kemudian klik terapkan, jika ingin melihat dulu tampilannya sebelum temanya dirubah bisa di klik dulu pratinjau, jika sudah silahkan klik terapkan. Hanya itu, mudah banget kan.

Terus bagaimana cara mengupload tema ke blogger.com? akan kita bahas sekarang. Ok pertama kita akan cari dulu tema blogger gratisan yang ada di google, tinggal buka google terus ketik tema blogger.com gratis nanti akan muncul banyak situs yang menyediakan download tema blognya.

Untuk kali ini saya akan menggunakan tema blogger bernama Seofastblogger (Kalau mau download silahkan klik gambar diatas), ini tema lama sebenernya sih terakhir update tahun 2017. Jadi silahkan cari yang lain, atau beli versi premiumnya biar dapat update gratis. Download tema nya kemudian extract zipnya, cari yang bentuk filenya .xml.

Setelah mendapat tema yang diinginkan, sekarang buka dasbor blogger kemudian klik tema, dibagian samping atas ada ikon titik 3 biji, nah klik itu kemudian akan ada menu keluar, pilih Pulihkan,  nanti kita bisa upload tema dari komputer. Selesai? belum, lihat dulu blog anda setelah ganti tema.

Bisa dilihat masih ada yang harus diedit seperti menu 1, menu 2 dst. Bagaimana cara ngeditnya? nah developer tema yang bagus biasanya akan memberikan panduan bagaimana cara merubah tersebut, kalau anda menggunakan tema yang saya gunakan diatas yaitu Seofastblogger maka lihat di paketan tema zip yang tadi di extract.

Silahkan klik shortcut tersebut nanti akan terbuka link panduan untuk mengkonfigurasi tema. Sengaja tidak saya bahas disini karena memang ini salah satu kekurangan blogger.com yaitu mau ga mau anda harus belajar sedikit ilmu html/css jika ingin menggunakan tema custom bukan bawaan blogger.

Setelah beres dengan perihal tema sekarang kita akan atur tata letaknya.

Di blogger disebutnya gadget, tapi secara universal ini disebut widget, jadi kita akan sebut widget saja. Nah widget-widget ini bisa dihapus dan diganti dengan widget yang baru. Umumnya di widget itu selalu ada Recent post (post terbaru) dan popular post (postingan yang populer). Tapi sesuai kebutuhan saja, jika sekiranya tidak dibutuhkan bisa dihapus dengan cara klik edit kemudian nanti akan ada tombol untuk hapus.

Jika ingin menambahkan widget tinggal klik tambahkan gadget kemudian nanti akan ada banyak pilihan, silahkan pilih widget yang dibutuhkan kemudian klik tombol plus ( + ). Anda juga bisa drag and drop posisi widgetnya sesuai kebutuhan.

Setelah semuanya beres jangan lupa klik tombol save ini untuk menyimpan perubahan, atau jika ingin dilihat dulu tampilannya klik tombol mata disamping tombol save.

Ok, semua pembahasan tentang cara membuat blog di blogger gratisan sudah beres. Nanti untuk pembahasan custom domain akan saya bahas di materi cara membuat blog tingkat selanjutnya.

Cara Setting Blog di WordPress.com

Sekarang kita akan bahas tentang cara setting blog wordpress.com, cara membuat artikel, ganti tema dan lainnya. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya jika anda ingin membuat blog dengan tujuan untuk menulis, berbagi cerita dan kedepannya tidak ada rencana untuk dikasih iklan maka lebih baik memilih wordpress. Karena ya itu editornya menurut saya lebih enak dipandang dan pokoknya lebih nyaman digunakan daripada blogger. Nah jika diartikel sebelumnya kita sudah bahas tentang cara membuat blog gratisan di wordpress.com sekarang kita akan bahas cara setting blog wordpressnya dulu.

Untuk masuk ke admin area atau ke dashboard wordpress.com anda cukup kunjungi namadomainkamu.wordpress.com/wp-admin/, jadi cukup tambahkan /wp-admin/ di akhir nama domain blog kamu, misal nama blog kamu silvykiut.wordpress.com nah untuk membuka admin area kamu bisa kunjungi silvykiut.wordpress.com/wp-admin/ maka anda akan diarahkan ke halaman login.

Di artikel sebelumnya saya daftar wordpress hanya dengan klik hubungkan ke akun google/gmail, jadi sekarang juga saya tinggal klik “Continue with Google” nanti akan terbuka popup dan klik akun gmailnya, bagusnya sebelum login ke wordpress.com kita sudah login dulu ke gmail.

Ini adalah penampakan dasbor atau admin area wordpress.com, di admin area sudah ada link petunjuk penggunaan (yang saya kasih kotak hitam) yang bisa anda baca untuk bisa lebih akrab dengan blog wordpress, tapi artikelnya dalam bahasa inggris, kalau anda bisa atau ngerti bahasa inggris silahkan klik linknya kemudian baca petunjuk yang sudah dirangkum oleh tim wordpress pasti lebih jelas dari yang saya tulis disini 🙂 . Jika admin areanya dalam bahasa inggris dan ingin menggunakan bahasa indonesia sekarang kita rubah dulu bahasanya.

Buka Settings-General, klik tulisan “modify the interface language”, nanti akan terbuka profil wordpress anda.

Klik English nya nanti akan terbuka pilihan untuk mengganti bahasa. silahkan pilih bahasa indonesia, kemudian scroll kebawah klik save untuk menyimpan pengaturannya.

Sekarang buka lagi admin area nya, (namablogkamu.wordpress.com/wp-admin/) harusnya semua bahasa dasbornya jadi bahasa indonesia. Jujur saja kalau saya biasanya pake bahasa inggris saja karena skill bahasa inggris saya lumayan lah :D. Ok, sekarang kita akan mulai ke pengaturan blognya, di samping dasbor klik pengaturan (tanda panahnya salah kurang kebawah).

 

Ada beberapa pengaturan, tapi tidak akan saya bahas semuanya. Kita akan bahas yang pentingnya saja jadi silahkan diikuti

  • Umum

Silahkan tulis judul blog dan slogan yang ingin dipakai, misal judul : Kalpanax Cream , slogan : Basmi jamur sampai ke akarnya. Kemudian bagian zona waktu tidak dirubah juga tidak apa-apa sih, tapi kalau mau tanggal dan waktu nya sesuai dengan indonesia silahkan rubah ke zona waktu Jakarta. Kemudian format tanggal mau dirubah silahkan sesuaikan saja, jangan lupa klik simpan perubahan dibagian bawah jika sudah selesai.

  • Membaca

Tampilan beranda pilih Pos-pos terbaru Anda, jadi halaman depan akan menampilkan artikel yang baru terbit. Kemudian Halaman blog menampilkan paling banyak ini untuk mengatur berapa banyak artikel yang ingin ditampilkan di halaman depan blog anda, idealnya sih dibawah 10 kecuali kalau temanya menggunakan layout magazine/kaya situs berita, pengaturan yang lainnya biarkan saja kemudian klik simpan.

  • Berbagi

Ini adalah pengaturan tombol share/berbagi ke medsos, drag and drop ikon medsos yang diinginkan ke layanan aktif, Pratinjau adalah tampilan nanti akan seperti itu hasilnya, atur juga gaya tombol dan lainnya. Intinya lihat saja pratinjaunya, karena itulah yang akan tampil nanti di artikel. Jangan lupa untuk klik simpan perubahan jika sudah selesai.

Untuk pengaturan lain menurut saya tidak terlalu penting, silahkan di eksplorasi saja dan dicoba-coba.

Cara Membuat Artikel di WordPress.com

Salah satu yang saya suka dengan wordpress adalah interface pembuatan artikelnya yang clean, elegan ya pokoknya karena saya sering buat artikel dengan menggunakan mesin wordpress jadi lebih enak dilihat saja.

Klik Pos, kemudian klik tambah baru, maka akan terbuka editor wordpressnya. Oia jika ada artikel bawaan yang tidak penting seperti bisa dilihat di gambar atas ada My first blog post dan introduce yourself silahkan dihapus saja, caranya hover atau tunjuk pake mouse ke dekat tulisan My first blog post nya nanti dibawahnya akan ada beberapa pilihan, silahkan klik pilihan buang.

Sudah jelas, silahkan tulis judul dikolom bagian atas dan untuk menulis dibagian bawahnya. Perlu diketahui editor wordpress saat ini menggunakan teknologi yang disebut blok dan ini terbilang masih baru, jadi editor wordpress (kita singkat WP saja) itu ada dua, editor classic dan editor baru / blok. Nah karena kedepannya wordpress akan terus menggunakan editor blok jadi disini saya akan memberikan panduan membuat artikel dengan editor blok WP. Jika anda bingung, blok itu semacam kotak, seperti satu paragraf ini berarti satu blok, ketika anda klik enter maka akan ada blok baru lagi yang bisa anda isi atau rubah bloknya, jadi 1 blok itu sekitar 1 kotak paragraf bukan seluruh artikel ya.

Ketika kita sedang menulis, tampilannya bersih tidak ada opsi apapun jadi kita tidak akan melihat banyak gangguan, tapi ketika kita berhenti menulis kemudian hover/tunjuk mouse ke daerah yang kita tulis maka akan ada beberapa pilihan, yaitu yang saya kasih tanda panah itu untuk mengganti blok yang digunakan, disampingnya ada rata kanan tengah atau kiri, ada juga B=Bold, I=Italic, ikon rantai itu untuk menambahkan link (block kata yang akan disisipi link baru klik ikon rantai untuk menambahkan link), opsi lanjutan ada di samping ikon rantai, kemudian ikon titik 3 tersebut jika diklik akan keluar pilihan dan yang paling penting adalah pilihan hapus blok ada di 3 titik tersebut.

Jika bloknya sudah kita isi dengan tulisan maka pilihan bloknya akan terbatas, bisa dilihat hanya ada 7 pilihan saja, yang paling penting dari ketujuh pilihan ini adalah blok H=untuk merubah blok tersebut jadi blok Heading/Subjudul, kemudian Daftar=untuk membuat list, Kutipan=membuat blok tersebut menjadi tanda kutip atau biasa disebut juga quote, sisanya silahkan dicoba-coba karena saya sendiri jarang menggunakan yang sisanya.

Jika di klik enter berarti anda sudah masuk ke blok baru, dan bisa dilihat ada tanda plus (+) klik tanda tersebut dan semua pilihan blok ada disana. Banyak blok yang bisa dipilih, misalnya gambar untuk menambahkan gambar, galeri untuk membuat galeri dan masih banyak lainnya. Kemudian lihat disamping kiri (kiri layar) ada pengaturan bloknya juga. Intinya silahkan dicoba-coba agar terbiasa dengan editor blok WP, dan jika salah kemudian ingin menghapus blok bisa klik titik 3 yang sudah saya bahas diatas. Jadi intinya semua fitur penulisan dari editor pembuatan artikel ada di tanda plus diatas, coba buat artikel kemudian coba semua bloknya agar faham dengan editornya.

Jika pembuatan artikel sudah beres sekarang ke bagian pengaturan kategori, tag dan thumbnail atau gambar fitur. Klik Dokumen di bagian atas kemudian klik kategori untuk memasukkan artikel tersebut kedalam kategori, jika belum ada kategorinya bisa ketik kategori yang diinginkan, begitu juga dengan tag. Untuk gambar fitur atau biasa disebut juga thumbnail nanti bisa dipilih dari gambar yang sudah di upload atau bisa juga upload terlebih dahulu.

Setelah beres semuanya pada bagian pojok atas ada 3 pilihan, yaitu :

Simpan Konsep = artikel akan disimpan, dan nanti bisa di edit-edit lagi (pilihan ini tidak akan menerbitkan artikel)

Pratinjau = Melihat bagaimana nanti artikel tersebut setelah terbit, bisa digunakan untuk pengecekan akhir sebelum artikel diterbitkan

Publikasikan = Artikel akan di terbitkan dan bisa diakses oleh pengunjung (setelah di klik Publikasikan akan ada konfirmasi dulu, apabila kategori/tag belum diisi, jika sudah beres klik lagi Terbitkan dipojok atas)

Artikel sudah terbit dan bisa dilihat oleh pengunjung blog.

Cara Merubah Tema Blog di WordPress.com

Sekarang kita akan bahas cara merubah tema blog di wordpress.com. Perlu diketahui bahwa anda “tidak bisa” mengupload tema sendiri kedalam blog wordpress.com, tapi sebagai gantinya ada ratusan tema yang bisa anda pilih dari tema yang gratisan sampai yang premium.

Untuk merubah tema klik Tampilan yang ada di samping dasbor WP anda, kemudian akan ada list tema yang bisa anda pilih.

Agar tidak tertukar mana yang gratis dan premium, bisa klik dulu tombol gratis yang ada di pojok atas (lihat gambar).

Scroll kebawah dan cari tema mana yang akan anda pilih, hover mouse pointer ke tema yang diinginkan kemudian akan ada pilihan :

Rincian Tema ; Melihat deskripsi tema, review dan sebagainya

Prainjau ; Melihat tema di blog kita sebelum diaktifkan

Aktifkan ; Untuk mengaktifkan tema dan merubah tema dengan yang dipilih.

Setelah temanya aktif kita bisa sesuaikan dulu temanya, klik Sesuaikan disamping kanan.

Beda tema maka akan beda juga opsi kustomisasinya, tapi satu hal yang penting perubahan yang anda lakukan di penyesuaian ini bisa dilihat langsung di blog samping kiri nya. Misal anda merubah judul situs atau merubah warna dan latar backgroundnya maka akan langsung terlihat bagaimana tampilannya nanti di blog, tapi blognya tidak akan berubah atau penyesuaian yang anda lakukan tidak akan diterapkan sebelum anda mengklik tombol “Simpan perubahan”. Jadi silahkan eksplorasi dan temukan tema dan penyesuaian yang sesuai dengan yang anda inginkan kemudian jangan lupa setelah semuanya beres klik tombol Simpan perubahan yang ada diatas.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress itu ada yang gratis yang sudah saya bahas diatas yaitu wordpress.com dan ada juga wordpress.org atau biasa disebut juga wordpress self hosted. Perbedaannya wordpress.org itu masih milik wordpress tapi dia hanya menyediakan script wordpressnya saja, jadi dia tidak menyediakan domain atau hosting gratis. Nah biasanya ketika orang yang sudah lama ngeblog bilang “saya pake wordpress” biasanya bukan merujuk ke wordpress.com tapi dia pake wordpress dengan domain dan hosting sendiri.

Beberapa perbedaan yang mencolok dari wordpress.com dan wordpress.org yaitu :

– WordPress.com menyediakan blog gratis sedangkan wordpress.org hanya menyediakan scriptnya saja yang bisa anda pasang di hosting.

– WordPress.com tidak bisa menggunakan plugin dan juga tidak bisa upload tema sendiri, sedangkan wordpress self hosted bisa menggunakan semua fitur wordpress dan juga tema gratis yang disediakan juga lebih banyak.

– Script wordpress.org biasanya sudah ada didalam control panel hosting, jadi ketika menggunakan hosting berbayar kita tinggal install wordpress dengan sekali klik.

Nah itulah pembahasan tentang blogger.com dan wordpress.com. Harusnya dengan membaca ketiga materi tingkat dasar ini anda sudah ada gambaran bagaimana cara membuat blog gratisan dan bisa mengisi artikel di blog yang anda buat. Oia membuat blog gratis ini tidak dibatasi, silahkan anda mau buat 5-10 blog juga tidak masalah, nah saran saya buatlah blog dummy atau blog untuk uji coba jadi misalnya jika anda tidak tahu sebuah fitur nah coba di blog uji coba ini bagaimana efek fitur tersebut, baru aplikasikan ke blog utama, jadi blog utama tidak acak-acakan karena uji coba yang anda lakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *