Cara Membuat Blog Tahap Dasar 1

Jika Anda baru punya niat ingin memiliki sebuah blog untuk keperluan tertentu misalnya untuk mengonlinekan usaha anda atau hanya ingin membuat blog pribadi maka Anda harus tahu terlebih dahulu dasar-dasar blog. Nah pada artikel kali ini admin akan berbagi pengetahuan dasar sebelum anda terjun ke dunia blogging.

Jadi artikel ini diperuntukkan untuk Anda yang belum tahu seluk beluk cara membuat blog, oleh karena itu artikel seri pertama ini akan membahas tentang pengetahuan dan istilah dalam dunia blog.

Saya tidak akan terlalu banyak berteori karena yang saya inginkan adalah ketika anda selesai membaca semua artikel yang ada di blog ini anda sudah paham blog apa yang akan anda buat, bagaimana cara membuat blog yang gratis dan berbayar, juga yang terpenting blog anda online dan bisa dikunjungi oleh orang lain.

Pengetahuan Dasar Cara Membuat Blog

Pada dasarnya blog itu terdiri dari 2 hal, yaitu domain dan hosting. Kita akan membahas kedua hal ini dulu agar kedepannya kita tidak asing lagi dengan istilah yang berkaitan dengan blog.

Domain

Merupakan nama dari blog yang akan anda buat, misal AkuJeniusBanget.com, JualKucingPersiaCantik.com nah nama ini disebutnya domain atau alamat situs. Jadi kalau ada yang tanya, nama blog kamu apa? trus kamu jawab; nama blogku AkuGantengBangetDuh.Com, nah nama ini disebutnya dalam dunia blog adalah domain. Biasanya orang memilih nama domain yang berkaitan dengan usahanya atau yang pendek dan mudah diingat, tapi jangan heran jika ketika anda memilih nama domain tapi ternyata domainnya tidak tersedia, itu berarti nama domain tersebut sudah didaftarkan/dibeli orang lain.

Ekstensi Domain

Merupakan akhiran dari domain itu sendiri, misal AkuJeniusBanget.Com | AkuJeniusBanget.Net | AkuJeniusBanget.Org bisa dilihat perbedaannya? yang membedakan adalah akhiran nama domainnya, nah dalam dunia blog ini disebut ekstensi atau bahasa inggrisnya Extensions , beda ekstensi domain beda juga harga dan keperluannya, misal .com/.net itu bisa dikategorikan untuk umum, .org itu kepanjangan dari organization atau biasanya extensi ini digunakan untuk organisasi, ada juga .sch.id/.ac.id extensi ini khusus untuk sekolah (sch=school / ac=academy), dan banyak lainnya. Biasanya ketika membeli domain ada yang tanpa syarat, tapi ada juga yang harus dengan syarat, misal jika anda ingin mendaftarkan domain smpnegeribandung.sch.id maka anda harus mengirimkan surat pernyataan dari kepala sekolah, tapi jika ingin mendaftarkan .com/.net/.org dll bisa dibeli tanpa syarat apapun.

Harga Domain

Domain itu tidak gratis, anda harus membelinya, harga pasaran untuk domain .com itu dikisaran 100rb-an per tahun, ada yang lebih mahal dan ada juga yang lebih murah, itu tergantung kebijakan si penjual. Beda ekstensi domain beda juga harganya, misal domain .com harga pasarannya 100rb-an tapi domain .xyz harga pasarannya biasanya dikisaran 20rb-an.

Anda harus ingat domain harus dibayar di tahun berikutnya sebelum jatuh tempo, misal kita beli tanggal 2 februari 2020, nah sebelum tanggal 2 februari 2021 anda harus sudah membayar perpanjangan nama domain “jika Anda ingin memperpanjang nama domainnya”, jika sudah tidak diperlukan misalnya sudah beli nama domain yang lebih bagus ya tidak perlu diperpanjang. Domain itu ibarat no hape, kalau misalnya masa berlaku sampai tanggal 20 februari 2020, tapi anda tidak isi pulsa maka nomer tersebut akan masuk masa tenggang kemudian hangus, nah domain juga seperti itu.

Hosting

Secara singkatnya, hosting itu tempat untuk menyimpan data blog. Semua gambar, artikel dan apapun yang ada di blog itu disimpan di hosting. Hosting nanti akan dihubungkan ke domainnya dengan menggunakan Nameserver, jadi ketika membeli hosting nanti dalam email ada kode nameserver yang harus anda terapkan di pengaturan domain, agar nanti domainnya bisa terhubung ke hosting.

Cara Membuat Blog

Harga Hosting

Biasanya dikisaran belasan ribu hingga puluhan ribu per bulan, yang ratusan ribu hingga jutaan per bulan juga ada, tapi kita beli sesuai kebutuhan saja, kalau untuk blog pribadi atau untuk blog jualan ga perlu yang terlalu mahal asal mencukupi kebutuhan blog. Harga hosting itu tergantung spesifikasi, jadi hosting itu ibarat kita nyimpen file/data blog di komputer orang, nah kita bisa pilih yang sesuai kebutuhan saja. Harga itu tergantung si penjual, ada yang bisa beli bulanan, ada juga yang harus langsung beli untuk setahun gabisa sebulan-sebulan.

Spesifikasi Hosting

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih spesifikasi hosting,

  • Disk Space

Usahakan memilih disk space diatas 250mb, ukuran 250mb itu cukup untuk satu atau dua blog, tapi usahakan yang diatas 250mb karena mungkin saja kedepannya kita akan menambah konten gambar yang banyak dan membutuhkan ukuran yang besar juga, atau kita ingin menambah blog kedua-ketiga di hosting tersebut jadi disk spacenya harus cukup untuk 2 blog dan seterusnya.

  • Database / Addon Domain

Jika Anda lihat gambar diatas hampir semuanya unlimited, tapi lihat bagian domainnya, ada yang 1 ada juga yang 10, itu maksudnya dalam 1 hosting tersebut hanya bisa dipakai untuk 1 domain kalau yang 10 domain berarti hosting tersebut hanya bisa dipakai untuk 10 domain, kadang domainnya unlimited tapi databasenya dibatasi, ya sama saja. Karena logikanya kita menggunakan 1 domain+1database dalam 1 hosting (jika menggunakan platform wordpress), jika 2 domain berarti 2 juga database yang dipakai dst.

Selain kedua hal diatas sebenarnya yang lainnya tidak perlu diambil pusing, seperti misalnya bandwidth jika blog baru pemakaian bandwith paling ga akan ngabisin lebih dari 10Gb per bulan, kecuali kalau blognya sudah banyak pengunjungnya maka bandwidth juga harus dipertimbangkan.

Platform Blog

Apakah dengan domain dan hosting blog sudah bisa online? tidak, anda juga harus menentukan platform blog yang akan dipilih, tapi saya sarankan agar memilih wordpress (self hosted/wordpress.org),kenapa memilih wordpress? karena platform blog ini merupakan yang paling populer, banyak tutorial dan panduannya jadi ketika ada masalah kita tidak kesusahan mencari solusinya.

WordPress itu gratis dan biasanya sudah terpasang di hosting, jadi nanti didalam hosting kita tinggal pilih wordpress kemudian atur judul blog, username dan password kemudian installkan wordpress di domainnya, setelah selesai blog anda sudah online dan dapat diakses oleh semua orang. Karena materi ini cara membuat blog tahap dasar 1 jadi kita tidak akan bahas bagaimana cara instalasi wordpress, itu akan kita bahas di materi selanjutnya.

Nah mungkin itu adalah materi pertama yang akan kita bahas kali ini, jadi kesimpulannya ketika ingin membuat sebuah website siapkan dana setidaknya 200-300rb untuk membeli hosting dan domain, tapi tentu saja ada opsi cara membuat blog gratisan juga, nah kalau materi cara membuat blog gratis tanpa keluar uang sepeserpun akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *